Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Buku

Apakah Anda gemar membaca dan suka mengoleksi buku?

Bagaimana cara Anda mengetahui sebuah buku itu baik atau biasa saja? Bagaimana cara Anda memilih buku yang ingin dibaca ketika Anda datang ke suatu perpustakaan atau toko buku?




Menurut pengalaman saya, berikut ini beberapa cara untuk memilih buku:

1. Lihat dan bacalah bagian belakang buku yang biasanya terdapat ringkasan buku tersebut.

2. Lihat dan baca siapa saja yang merekomendasikan buku tersebut. Umumnya ada orang yang memberi pendapat atau testimoni tentang buku tersebut. Letaknya bisa saja di bagian depan sampul buku, tetapi umumnya ada di bagian belakang sampul buku.

3. Jangan mudah terpengaruh oleh judul. Judul bisa saja menarik, tetapi isi buku dan gaya penulisan menjadi kunci apakah nantinya Anda menikmati sebuah buku. Kalau dapat melihat isi buku, bacalah kata pengantar, halaman-halaman awal dan halaman-halaman akhir. Atau Anda juga bisa membaca secara acak dengan memilih halaman tertentu. Kalau Anda merasa buku tersebut menarik perhatian, maka itu mungkin adalah buku yang baik untuk Anda.

4. Meminta seseorang untuk merekomendasikan buku yang bagus. Kepada siapa Anda meminta rekomendasi? Siapa saja sebenarnya bisa; bisa keluarga, teman, guru dll. Saya biasanya bertanya kepada orang yang juga suka membaca buku.

5. Meminta saran dari pemilik toko buku (bisanya kalau ini toko buku kecil). Kalau Anda di perpustakaan, Anda dapat bertanya pada pustakawannya.

6. Membaca ulasan buku yang ada di media cetak, seperti surat kabar dan majalah. Lihat informasi buku-buku terlaris, buku yang sedang jadi berita utama, dan resensi buku.

7. Bergabung dengan klub buku atau komunitas pecinta buku (komunitas penulis). Bila menjadi anggota klub atau komunitas seperti ini maka biasanya ada kebiasaan bertukar informasi mengenai buku-buku yang berkualitas.

8. Membaca situs atau blog penulis yang juga penggemar berbagai buku, seperti John Pistelli, James Clear, dan Susan Osborne.

9. Mencari informasi atau ulasan melalui internet. Banyak sekali komunitas buku di internet. Berikut beberapa situs komunitas buku online yang sering saya kunjungi:

a. Semua penerbit buku besar (dan jaringan toko bukunya) sepertinya sudah memiliki situs sebagai sarana untuk mengenalkan, memasarkan, dan menjual buku, seperti Gramedia dan Mizan. Dalam situs-situs ini, biasanya sudah dilengkapi informasi singkat mengenai sebuah buku. Lihat juga The Amazon Book Review.

b. Bergabung dengan komunitas pecinta buku, seperti Jakarta Book Club (JBC).

c. Kalau Anda penggemar buku-buku klasik, berkunjunglah ke situs Project Gutenberg. Project Gutenberg adalah perpustakaan online e-book gratis. Project Gutenberg adalah penyedia pertama buku elektronik atau e-book gratis. Michael Hart, pendiri Project Gutenberg, menemukan e-book pada tahun 1971.

d. Bila Anda suka ulasan buku yang menarik dan segar, Anda dapat mengunjungi situs Kirkus Reviews dan The New Yorker’s Books Coverage.

e. Bergabung dan berinteraksilah dengan para penggemar buku dari seluruh dunia melalui situs komunitas buku, seperti Goodreads, Online Book Club, dan Library Thing.

Sumber foto: Ben White.

Diperbarui 1 September 2020.


Posting Komentar untuk "Cara Memilih Buku"